Senin, 15 Mei 2017

Caliper Motor

Fungsi dan Bagaimana Caliper Rem Cakram Bekerja

Salah Satu Contoh Caliper Bybre
JKZ. Malam sobat JKZ kembali lagi saya akan sedikit mengulas mengenai perangkat pengerman pada motor yuk di simam. Rem caliper atau istilah dalam bahasa perbengkelan yaitu pala babi, kepala babi atau kaliper, adalah bagian dari sistem pengereman adalah bertugas untuk dapatkan disk cakram. 

Disk yang terintegrasi dengan roda-roda yang berputar bisa berhenti. Caliper terbagi menjadi 2 jenis yaitu Caliper Axial dan Caliper Radial. Sistem kerja tergantung pada tekanan hidrolik dari master cakram. Tekanan hidrolik ini akan mendorong piston dan rem lapisan sehingga akan memadatkan cakram. 

Caliper terdiri dari chasing, piston, dan kampas rem / brake pads. Pistons biasanya terbuat dari aluminium atau hard chrome jahe besi. Ada dua jenis caliper, mengambang atau tetap. Caliper yang tetap immobile relatif ke disk. Jenis ini menggunakan satu atau banyak pistons untuk menekan setiap sisi cakram disk. 

Caliper pecahan (atau disebut meluncur caliper) bergerak di unidirectional arah dengan cakram. Sebuah piston di satu sisi diska mendorong inner rem menyusun untuk terhubung dengan permukaan disk. Maka push caliper rem eksternal tubuh dengan bantalan tekanan yang terjadi di kedua sisi dari cakram disk.

Beberapa Merk Caliper Ternama :

- Caliper Brembo
- Caliper Nissin
- Caliper Tokico
- Caliper Sumitomo
- Caliper Frando
- Caliper KTC

Keuntungan Dari Aplikasi Caliper Cakram :

Kelebihan aplikasi dari caliper cakram dapat bekerja di berbagai suhu, jadi hampir semua kendaraan menerapkan sistem rem cakram flagship mereka. Selain caliper cakram yang tahan waterlogging sehingga di kendaraan yang telah menggunakan rem cakram banjir dapat dengan aman. Ini memiliki sistem pendingin luar ruangan (terbuka) sehingga pendinginan lebih efektif.

Kekurangan Dari Aplikasi Caliper Cakram :

Kekurangan dari aplikasi caliper cakram alam terbuka memungkinkan debu dan lumpur untuk tetap, seiring waktu yang lumpu / kotoran terhambat kinerja rem untuk merusak komponen bagian caliper seperti pistons ketika dibiarkan lama. Oleh Karena itu perlu untuk membersihkan sesering mungkin.